Saturday, February 4, 2012

Mengidentifikasi Komponen Program

Belajar Pemrograman Itu Asik

kali ini kita akan belajar mengidentifikasi dan mengenali struktur/ komponen pada sebuah program, sekaligus mengidentifikasi kesalahan yang terjadi pada program yang kita buat.

pada posting sebelumnya kita telah mempelajari struktur atau komponen dalam suatu program, yaitu :
1. Identifier / Pengenal (Variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi).
2. Tipe data (int, float, char, dll).
3. Deklarasi Variabel.
4. Assigment / Pemberian Nilai
5. Konstanta
6. Komentar

Sekarang kita akan membuat sebuah program sederhana lagi yang di dalamnya terdapat beberapa komponen saja tidak semua komponen kita masukkan, kita hanya akan memakai header, variabel, tipe data, assigment, dan komentar. kita juga akan menentukan bagian mana yang disebut dengan header, variabel, tipe data, assigment, dan komentar.

Belajar Pemrograman Itu Asik

Program yang akan kita buat adalah Program untuk menghitung luas segitiga, yang akan kita beri judul Penghitungan Luas Segitiga.

Script Program :


Belajar Pemrograman Itu Asik

Dalam Script di atas dapat kita lihat apa saja yang terdapat di dalamnya, dengan penjelasan sudah tertulis pada komentarnya. Sekarang kita akan mengeksekusi program dan melihat keluaran atau output yang dihasilkan oleh sciprt program yang telah kita buat.

Output Program (compiler : borland C++) :


Seperti itulah keluaran yang akan dihasilkan oleh program.

Selanjutnya kita akan mengidentifikasi sebuah program yang terdapat beberapa kesalahan di dalamnya. kita akan menggunakan program yang sama seperti di atas. namun akan kita koreksi bagian apa saja yang salah, dan tidak sesuai dengan script program diatas.

Script Program :

Belajar Pemrograman Itu Asik

kesalahan yang terjadi setelah dilakukan kompilasi :


Identifikasi Kesalaha yang terjadi pada program :
1. Header : 
 #include (conio.h) seharusnya #include <conio.h>

2. Deklarasi variabel : 
int alas, tinggi, luas. seharusnya int alas, tinggi, luas;

3. Masukan / Input : 
scanf("%d",alas); dan scanf("%d",tinggi) seharusnya scanf("%d",&alas); dan scanf("%d",&tinggi);

4. Keluaran /Output : 
printf("\nLuas Segitiga = %d", &luas); seharusnya printf("\nLuas Segitiga = %d", luas);

Demikian yang bisa saya sampaikan pada posting kali ini, semoga bisa membantu dalam mempelajari pemrograman dengan menggunakan bahasa C/C++.

Belajar Pemrograman Itu Asik

No comments:

Post a Comment